Kanal

DPRD Inhu Masih Belum Tetapkan Jadwal Paripurna Istimewa Pelantikan Bupati dan Wabup Inhu Terpilih  

RIAUIN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Indragiri Hulu hingga kini masih belum menentapkan jadwal Paripurna Istimewa Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Inhu periode 2021-2026. Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar telah menyurati Pemkab Inhu untuk segera mengagendakan jadwal penatikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020.

"Iya Pak Gubernur telah mengirimkan surat ke DPRD Inhu, untuk meminta percepatan Paripurna Bupati dan Wakil Bupati Inhu terpilih. Nanti KPU menunggu selama 15 hari setelah surat masuk, selanjutnya akan diambil keputusan setelah pelaksanaan, apakah dilaksanakan atau tidak oleh DPRD Inhu," kata Sudarman. Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau 

Sebelumnya, rapat Banmus yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Inhu Suwandi Ritonga dengan agenda penjadwalan rapat Paripurna Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang rencananya digelar pada Kamis 6 Mei 2021 batal digelar. 

Menindaklanjuti surat Gubernur Riau, pimpinan DPRD dan ketua fraksi DPRD Indragiri Hulu menggelar rapat bersama untuk membahas soal penjadwalan rapat Paripurna Istimewa Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Inhu terpilih hasil Pilkada serentak tahun 2020. Dalam hasil rapat bersama tersebut disepakati akan dibasah pada rapat Badan Musyawarah (Banmus). 

Wakil Ketua DPRD Kab Inhu Masyrullah, saat dikonfirmasi Riauin.com, membenarkan telah digelar rapat bersama pimpinan dewan dengan ketua fraksi di DPRD Inhu.

"Iya, rapat kemarin sudah disepakati, bahwa Senin (7/6/2021) depan, kita menggelar rapat Banmus. Apa hasil keputusan rapat Banmus kita tunggu saja nanti," kata Masyrullah, Kamis (3/6/2021).

Masyrullah menjelaskan, dalam rapat bersama yang dilakukan secara virtual itu seluruh unsur pimpinan Dewan hadir, yakni Ketua DPRD Inhu, Samsudin dan Wakil Ketua, Suwandi Ritonga. Sementara itu, empat ketua fraksi yang hadir  yakni Ketua Fraksi Gerindra, Hadiytas, Ketua Fraksi PKB, Dodi Irawan, Ketua Fraksi Amanat Nasional Demokrat Persatuan Indonesia (F-ANDPI),Taufik Hendri, Ketua Fraksi Partai Golkar (F-P.Golkar), Budi Susanto yang diwakili oleh Wakil Ketua Fraksi, Jamalan Mulyono sedangkan tiga ketua fraksi yang tidak hadir yakni  Ketua Fraksi PDIP, Halasan Sinaga, Ketua Fraksi PKS, M.Syafaat dan Ketua Fraksi Demokrat Karya Nurani Persatuan (F-DKNP), Suhariyanto, 

"Ketiga fraksi ini sepakat terhadap apa hasil keputusan rapat bersama pimpinan Dewan dengan ketua fraksi," kata Masyrullah. 

Disinggung informasi mengenai agenda rapat Paripurna DPRD Inhu tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih Hasil Pilkada Serentak Tahun 2021 akan digelar Senin pekan depan, Masyrullah tak menjawab. Dia hanya mengatakan, semua itu tergantung dari hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Inhu.

"Ya, kita lihat aja Hari Senin depan, apa hasil rapat baru kita ketahui bersama jadwalnya," kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Seperti diketahui KPUD Inhu dalam rapat pleno pada Jumat (30/4/2021), sudah menetapkan pasangan calon Rezita Maylani Yopi-Junaidi Rachmat sebagai paslon terpilih hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020 -gus.

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler